Minggu, 31 Juli 2016

Yuk Wisata Malam ke Monas!



Monas dari kejauhan. Photo by: Ruri



INGIN menikmati pemandangan malam Jakarta dari ketinggian? Puncak Monas jadi jawabannya. Ya, sejak April lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menawarkan satu hiburan alternatif bagi warga DKI yang ingin menikmati pemandangan malam Jakarta dari ketinggian.
Jika selama ini pengunjung hanya bisa naik ke Monas mulai 08.00 – 16.00 WIB mulai Selasa-Minggu, kini pengunjung bisa naik pada malam hari pukul 19.00 – 22.00 WIB pada Selasa – Jumat dan pukul 19.00 WIB – 00.00 WIB pada Sabtu, Minggu, dan hari libur. Hari Senin digunakan untuk perawat lift dan Monas, supaya tetap bekerja dengan baik.
Namun satu hal yang harus diingat, tiket yang disediakan terbatas, mengingat kapasitas di puncak Monas. Setiap harinya Pemprov DKI hanya menyediakan 1.800 tiket untuk siang hari dan 700 tiket di malam harinya. Pembatasan ini dilakukan demi mengakomodir kapasitas puncak Monas dan supaya satu-satunya lift yang digunakan dapat terawat dengan baik.
Biaya yang diperlukan untuk naik ke puncak Monas ini sangat terjangkau. Anda cukup mengeluarkan dana sebesar lima ribu rupiah untuk masuk ke pelataran dan ke Museum Sejarah Indonesia dan Rp10 ribu untuk bisa naik ke puncak Monas. Jadi totalnya adalah Rp15 ribu.
Namun mengingat jumlah tiket yang terbatas, sebaiknya Anda sudah mengantre untuk mendapatkan tiket setelah pukul 18.00 WIB. Pasalnya, warga DKI yang juga ingin naik ke puncak Monas pada malam hari, jumlahnya tak sedikit, lho! Jadi, sabar-sabar aja ya waktu mengantre naik lift menuju ke puncak, karena satu lift hanya bisa mengangkut maksimal 11 orang.
Di puncak Monas, Anda juga bisa menggunakan teropong yang terletak di empat penjuru arah mata angin. Cukup dengan memasukkan uang koin, Anda bisa menikmati pemandangan malam yang indah dari ketinggian.
Sebelum ke Monas, siapkan juga mental untuk berjalan kaki yang lumayan jauh. Mulai dari pintu gerbang hingga ke puncak Monas membutuhkan energi yang lumayan juga, lho. Tapi jangan khawatir, begitu Anda turun dari Monas, Pemprov DKI sudah menyediakan moda transportasi untuk mengantar Anda kembali ke pintu gerbang Monas.
Oh ya, sebelum Anda turun hingga lantai 1 atau ke pelataran Monas, pastikan dulu untuk mampir ke lantai 2 atau ke cawan Monas, ya. Di bagian cawan Monas ini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang Masjid Istiqlal juga lho. Ok, tunggu apalagi? Yuk wisata malam ke Monas!(*)

Salah satu pemandangan Jakarta waktu malam diabadikan dari puncak Monas. Photo by: Ruri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar